7.497 Kuota CPNS Dan PPPK Tahun 2024 Untuk Sultra, Siapkan Diri Anda

Baru-baru ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyetujui kebutuhan akan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, yang jumlahnya mencapai 7.497 kuota CPNS dan PPPK, dengan masing masing rincian .509 CPNS, 5.988 PPPK. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) mengalokasikan total 7.497 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulawesi Tenggara, dimana alokasi tersebut sudah sesuai dengan prioritas nasional, yang meliputi tenaga kesehatan, pendidik, dan tenaga teknis.

Pejabat Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, mengonfirmasi bahwa jumlah tersebut telah mendapat persetujuan dari kementerian terkait. Dia juga memastikan bahwa pihaknya telah menerima surat persetujuan tersebut beberapa hari yang lalu.

PJ Gubernur Sultra juga menjelaskan bahwa dari total alokasi 7.497 ASN, sebanyak 981 orang dialokasikan untuk kebutuhan guru PPPK. Sementara itu, 702 orang dialokasikan untuk tenaga kesehatan dan 4.305 orang untuk tenaga teknis. Nah, jika Anda termasuk dalam ketiga kualifikasi tersebut, siapkan diri anda dari sekarang.

Apa yang Harus Disiapkan ?

7.497 Kuota CPNS Dan PPPK Tahun 2024 Untuk Sultra

Kabar penerimaan CPNS tahun 2024 ini dengan kuota nasional sekitar 2,3 juta formasi adalah angin segar bagi tenaga honorer. Dengan kuota sebanyak itu mereka berpeluang untuk terangkat menjadi ASN. 

Nah, Untuk anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi berikut persiapan diri anda, berikut beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk menghadapi tes, antara lain:

  1. Pilihlah formasi  yang sesuai dengan kualifikasi, jurusan, dan minat Anda. 
  2. Pertimbangkan juga formasi yang kurang diminati atau jarang dipilih oleh peserta lain untuk meningkatkan peluang Anda lolos seleksi administrasi.
  3. Memilih untuk mendaftar pada hari terakhir pendaftaran seleksi CPNS 2024 dapat memberikan Anda waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dokumen persyaratan dan memilih formasi yang sesuai.
  4. Mempersiapkan diri dengan mempelajari berbagai jenis soal TPA seperti sinonim, antonim, analogi, silogisme, aritmatika, aljabar, geometri, seri angka, seri huruf, dan lain-lain.
  5. Mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal TWK yang mencakup pengertian, rumusan, nilai-nilai, makna, lambang, dan implementasi dari Pancasila,
  6. Mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal TKP yang mencakup aspek integritas, 
  7. Mempersiapkan diri dengan belajar prediksi dan latihan soal CPNS yang sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
  8. Memiliki sertifikat profesi dapat meningkatkan nilai Anda dalam seleksi kompetensi bidang (SKB).
  9. jaga keyakinan diri dan fokus saat mengikuti seleksi CPNS 2024