Jangan Asal, Berikut Niat Dan Tata Cara Sholat Lailatul Qadar Dalam 2 Rakaat

Malam lailatul Qadar merupakan malam istimewa yang sangat dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia pada bulan Ramadan. Salah satu ibadah yang dapat dilakukan pada malam tersebut adalah melaksanakan sholat Lailatul Qadar dengan 2 rakaat.

Walaupun hanya ibadah sunnah sholat ini memiliki banyak keutamaan. Nah, Sebelum melaksanakan ibadah sunnah tersebut, pastikan untuk Anda memahami dengan baik niat dan tata cara sholat Lailatul Qadar yang benar. 

Niat dan Tata Cara Sholat Lailatul Qadar dalam 2 rakaat

Niat Dan Tata Cara Sholat Lailatul Qadar Dalam 2 Rakaat

  1. Niat Sholat Lailatul Qadar: Niat dilakukan di dalam hati untuk melaksanakan Sholat Lailatul Qadar, dua rakaat, karena Allah Ta'ala. Ushalli sunnatan fi lailatul qadri rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.Artinya: "Saya niat sholat sunnah Lailatul qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah taala."
  2. Takbiratul Ihram: Memulai sholat dengan takbiratul ihram, yaitu mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu sambil mengucapkan "Allahu Akbar".
  3. Membaca Surah Al-Fatihah: Setelah takbiratul ihram, membaca Surah Al-Fatihah dalam setiap rakaat.
  4. Membaca Surah Al-Qadr: Setelah Al-Fatihah, membaca Surah Al-Qadr atau surah-surah lainnya sesuai sunnah.
  5. Rukuk: Setelah selesai membaca surah kedua, melakukan rukuk dengan meletakkan tangan di atas lutut dan menjaga punggung tetap lurus.
  6. I'tidal: Bangkit dari rukuk dan berdiri tegak sambil mengucapkan "Sami'allahu liman hamidah, Rabbana lakal hamd" (Allah mendengar orang yang memuji-Nya, ya Allah, segala puji bagi-Mu).
  7. Sujud: Melakukan sujud dengan meletakkan dahi, hidung, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung kedua kaki di atas lantai.
  8. Duduk Antara Dua Sujud: Duduk sebentar di antara dua sujud dengan posisi duduk tawarruk.
  9. Tasyahud Akhir: Setelah dua rakaat, duduk tawarruk untuk membaca tasyahud akhir.
  10. Salam: Mengakhiri sholat dengan salam ke kanan dan ke kiri.

Itulah  niat dan tata cara sholat Lailatul Qadar 2 rakaat, semoga dapat memberikan manfaat yang besar.