Peran Manajemen Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Manajemen Pelayanan Kesehatan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan praktik manajemen dalam pelayanan kesehatan. Pada dasarnya manajemen pelayanan kesehatan akan memberikan pemahaman bagaimana mengatur, mengorganisasikan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan dalam hal ini instansi kesehatan.

Manajemen merupakan ilmu yang sangat unik, karena tidak ada kepastian didalamnya. Seorang manajer dianggap hebat jika dapat menyelesaikan masalah dalam perusahaan atau institusinya, serta mampu memenuhi target capain/output yang di inginkan. Terkadang bukan hanya keilmuan namun pengalaman yang cenderung berpengaruh jika menjadi seorang manajer.

Secara sederhana manajemen adalah seni mengatur, merencanakan, mengorganisasi serta mengontrol sumber daya yang di miliki oleh institusi atau perusahaan, guna mencapai tujuan yang telah di tetapkan. 

Untuk defenisi manajemen, para ahli telah menjabarkan dan pada intinya ada di kata mengatur, merencanakan, mengorganisasi dan mengontrol.

Apa Itu Pelayanan ?

Peran Manajemen Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Karena bahasan pembahasan mengenai manajemen pelayanan kesehatan, tentu tidak akan jauh jauh membahas teori tentang pelayanan lebih terkhusus dalam bidang kesehatan. namun sebelum masuk lebih dalam pada pelayanan kesehatan, maka ada baiknya anda mengetahui teori teori tentang pelayanan secara umum.

Sebagai orang yang awam pasti punya bayangan sendiri tentang apa yang di maksud dengan pelayanan. secara sederhana pelayanan adalah segala bentuk usaha yang di lakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

Secara lebih rinci palayanan adalah segala bentuk tindakan yang di lakukan baik individu maupun lembaga, pemerintah dan non pemerintah untuk memenuhi kebutuhan orang lain. 

Terkhusus pada pelayanan kesehatan dapat di definisikan secara sederhana sebagai segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk memelihara, meningkatkan ataupun mengembalikan kesehatan suatu individu/orang dan kelompok masyarakat. 

Bentuk pelayanan yang diberikan dalam kesehatan secara sistematis di jalankan berdasarkan teori sistem pelayanan kesehatan nasional, yang meliputi kegiatan Input, proses, output dan outcame. 

Peran Manajemen Pelayanan Kesehatan

Manajemen pelayanan kesehatan memiliki peran fital untuk memastikan pelayanan kesehatan diberikan dengan efektif dan efisien. 

yang dimaksud pelayanan kesehatan yang efekti dan efisien adalah pelayanan yang dapat memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk menghasilkan pelayanan yang memuaskan pasien. tentu hal ini dapat di wujudkan dengan manajemen yang baik. 

Peran manajemen peleyanan ksesehatan seperti perencanaan dan pengorganisasian, pengelolaan sumberdaya, pengawasan dan evaluasi, pengembangan kebijakan, pengendalian mutu, pengelolaan risiko peningkatan layanan, koordinasi dan kolaborasi, pelatihan, serta pengelolaan informasi. dengan mengitegrasikan peran peran tersebut maka pelayanan efektif dan efisien yang berpusat kepada pasien tercapai.