Menjelajah Prinsip Prinsip Sistem Pelayanan Kesehatan

Prinsip pelayanan kesehatan pada dasarnya sama dengan prinsip pelayanan secara umum, meskipun memiliki fondasi yang sama tetapi terdapat beberapa perbedaan dalam penerapannya. Secara umum, prinsip pelayanan berfokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dengan cara yang efisien, efektif, dan berorientasi pada kualitas. Prinsip-prinsip ini meliputi integritas, transparansi, akuntabilitas, dan responsivitas. 

Sistem pelayanan merupakan fondasi utama untuk menjaga kepuasan pelanggan, sistem pelayanan yang baik dan memuaskan akan mendorong pelanggan terlibat langsung dengan produk atau jasa yang Anda berikan. 

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, pelayanan tidak hanya berfokus pada penyediaan barang, produk atau jasa yang berkualitas namun lebih dari itu, pengalaman pelanggan juga menjadi suatu hal yang penting. pengalaman pelanggan yang dimaksud antara lain aksesibilitas, responsifitas, transparan dalam pelayanan. 

Mengenal Sistem Pelayanan

Menjelajah Prinsip Prinsip Sistem Pelayanan Kesehatan

Sistem pelayanan secara sederhana dapat di definisikan sebagai struktur yang di gunakan organisasi atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. sistem ini mencakup input, proses, output, terget dan impack. 

Input atau Masukan

Input atau masukan mencakup beberapa bagian yaitu tenaga, biaya, dan bahan. lebih lanjut tenaga merujuk pada sumber daya manusia yang memberikan pelayanan seperti petugas kesehatan dalam instansi kesehatan atau kariawan dalam perusahaan.

Biaya merujuk pada aspek finansial atau keuangan untuk menggerakan organisasi atau perusahaan, seperti gaji kariawan, pengeluaran atau belanja dan lain lain. 

Bahan mencakup semua barang dan materi yang di gunakan perusahaan untuk memberikan pelayanan, meliputi alat, bahan baku produk yang di gunakan untuk memberikan pelayanan. 

Proses

Proses dalam sisitem pelayanan pada dasarnya bertujuan untuk memastikan pelayanan yang di berikan kepada pelanggan berjalan dengan baik. dalam hal ini proses terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian.

Tahap perencanaan di isi dengan penyusunan strategi serta tujuan yang telah di tetapkan, agar jelas apa yang akan di capai nantinya. kemudian pengorganisasian yaitu dengan penataan sumber daya meliputi manusia, alat, materi dan bahan, untuk mengeksekusi strategi yang telah di tetapkan di awal. dilanjutkan dengan pelaksaan strategi dan program yang telah disusun secara aktif, di akhiri dengan penilaian untuk pengefaluasi strategi atau program yang telah di jalankan.

Keluaran atau Output

Keluaran atau outmut adalah hasil dari strategi atau program yang telah di jalankan. Penting untuk di pahami keluaran dapat berupa produk atau jasa yang di hasilkan organisasi dan perusahaan. dalam pelayanan kesehatan tentu yang di harapkan adalah pelayanan prima yang membuat pasien merasa puas.

Sasaran

Sasaran pada dasarnya adalah target yang ingin anda tuju dari produk atau jasa yang di hasilkan. biasanya dapat berupa individu, kelompok masyarakat, kelompok umur, dan masyarakat secara umum. 

Dampak

Dampak dapat di katakan impack dari produk atau jasa yang di hasilkan, baik yang positif maupun negatif. Bila berbicara dalam konteks kesehatan tentu peningkatan derajat kesehatan masyarakat adalah yang di harapkan.

Prinsip Pelayanan Kesehatan

Ada beberapa prinsip dalam pelayanan kesehatan yang perlu di pahami, agar dalam pemberian pelayanan kesehatan dapat maksimal, antara lain:

Kesederhanan

Prisip kesederhanaan merujuk pada pelayanan kesehatan yang sederhana, tidak berbelit belit, mudah di pahami, dan di laksanankan. hal ini berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang mudah di ambil oleh siapa saja.

Jelas dan Pasti

pelayanan kesehatan yang jelas dan pasti merujuk pada persyaratan administrasi yang pasti, unit yang bekerja serta pimpinan yang bertanggung jawab jelas, rincian tarif, tagihan pelayanan kesehatan jelas dan pasti tidak berubah ubah. hal ini penting agar tidak menimbulkan keraguan bagi pasien atau penerima pelayanan kesehatan.

Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu berhubungan dengan kemampuan petugas tepat waktu dalam memberikan pelayanan, selain itu pelayanan yang diberika cepat dan petugas yang melayani cekatan. Lebih lanjut ditambah dengan petugas menyelesaikan pelayanan dalam waktu yang telah di tetapkan.

Keterbukaan

Keterbukaan berkaitan dengan informasi mengenai palayanan kesehatan yang di berikan, artinya dapat di akses dengan mudah oleh pasien, selain itu persyaratan teknis, biaya, prosedur tindakan, info penyakit, dan tata cara pembayaran disampaiakan tanpa harus di minta oleh pasien.

Keamanan

Keamanan yang di maksud ialah pasien dalam menerima pelayanan dari petugas muncul rasa aman. rasa aman ini sulit untuk di jelaskan karena pasien sendiri yang merasakan. biasa rasa aman ini hadir ketika pelayanan yang di tawarkan  karena prosedur maupun hukumnya ada kepastian.

Ekonomis

Ekonomis artinya pemberian tarif pada pelayanan kesehatan wajar, tidak berlebihan. hal ini jika di hitung dengan nilai produk dan jasa yang di berikan. tentu ini jadi perhatian bagi instansi atau organisasi yang memberikan pelayanan.

Keadilan

Prinsip keadilan merupakan salah satu prinsip yang paling utama, karena prinsip ini berkenaan dengan tidak membedakan atau mengklasifikasikan pelayanan dengan berdasarkan kemampuan ekonomi pasien. salain itu pemerataan dan jangkauan pelayanan kesehatan di perluas agar dapat di akses oleh siapa saja. 

Kesimpulan

Dapat di simpulkan bahwa prinsip pelayanan kesehatan adalah suatu yang harus di pegang oleh siapa saja yang memberikan pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun suasta. agar tujuan terciptanya derajat kesehatan paripurna di negara kita dapat terwujud.