Besok Lebaran, Perhatikan 7 Tips Agar Ketupat Tahan Lama

Ketupat merupakan menu favorit yang di tunggu ketika lebaran tiba. Olahan makanan dari beras putih yang dibungkus dengan daun kelapa muda seolah telah menjadi aikon hari raya umat islam. Ketupat biasa di sajikan dengan opor ayam , rendang atau olahan daging lainnya.

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, penting untuk memperhatikan tips membuat ketupat yang berhasil, agar dapat bertahan lama. Nah, mari kita lihat cara membuat ketupat tahan lama berikut ini. 

Tips Agar Ketupat Tahan Lama

7 Tips Agar Ketupat Tahan Lama

1. Pilihlah daun kelapa yang berwarna hijau kekuningan muda.

Menurut beberapa sumber agar ketupat bertahan lama, dalam pebuatannya ketupat harus menggunakan daun kelapa yang berwarna hijau kekuningan. Hal ini agar ketupat yang di buat akan nampak segar dan memiliki warna putih bersih ketika di hidangkan.

2. Pilihlah beras yang berkualitas

Cucilah beras dengan teliti untuk menghilangkan kotoran. Rendam beras dalam air bersih selama tiga jam, untuk mencegah ketupat menjadi cepat basi. Tambahkan sedikit air kapur sirih ke dalam beras. Selain itu, Anda dapat menambahkan sedikit garam untuk memberikan cita rasa yang lebih gurih pada ketupat.

3. Perhatikanlah Proses Perebusan

Selama proses merebus ketupat, pastikan air rebusan tidak habis menguap. Jika air rebusan berkurang, tambahkan air panas untuk menjaga ketupat tetap bersih. Hal ini lakukan terus menurus dalam beberapa jam agar ketupat matang sempurna

4. Pastikan Proporsi Beras 

Perhatikan jumlah beras yang dimasukkan ke dalam ketupat. Saran, agar komposisi dimensi atau luas ketupat sekitar tiga per empat dari total volume, agar ketupat mengembang sempurna dan pas dengan kulit ketupat.

5. jangan masak menggunakan panci bertekanan (panci presto)

Beras dimasak sampai setengah matang, lalu dimasukkan ke dalam sarung ketupat hingga dua per tiga bagian penuh, dan direbus lebih dari dua jam.

6. Sirami ketupat dengan air yang dingin.

Untuk membuat warna ketupat menjadi kuning yang cantik, Anda dapat menyiramnya dengan air dingin. Selain itu, air yang dingin juga dapat membuat ketupat tetap segar dan tidak mudah basi setelah dimasak.

7. Perhatikan dalam menghangatkan kembali ketupat

Dalam menghangatkan ketupat perlu diperhatikan agar mendiamkan ketupat terlebih dahulu, agar suhunya naik jika ketupat di simpan dalam lemari pendingin. Selanjutnya, kukus ketupat sekitar 30 menit, atau Anda juga bisa merebusnya dalam air mendidih selama waktu yang sama.