Peran Hukum dalam Membangun Keadilan dan Keteraturan Sosial: Perspektif, Fungsi, dan Bidang Hukum di Indonesia

Hukum memiliki peran yang sangat krusial dalam suatu Negara. Karena hukum dapat berupa kerangka aturan atau norma yang mengatur masyarakat. Konsep dasar yang paling utama dalam hukum yaitu berupa nilai nilai, norma, moral dan etika yang di susun menjadi sebuah aturan yang di tegakkan oleh pemerintah. Dalam tatanan masyarakat hukum memiliki fungsi sebagai fondasi yang menopang keadilan sehinga tercipta keteraturan social, agar setiap elemen masyarakat dapat berinteraksi dengan baik.

Peran hukum dalam masyarakat sangatlah penting. Selain menjadi panduan hidup, hukum dapat dimanfaatkan sebagai instrument penegak keadilan. Dengan adanya hukum ketertiban masyarakat akan tercipta, ada landasan untuk menyelesaikan konflik dalam masyarakat, melindungi hak hak individu maupun kelompok. 

Hukum memiliki tujuan utama yaitu membangun keteraturan sosial dalam masyarakat. Bentuk keadilan hukum dapat berupa, perlakuan sama setiap individu dimata hukum, penegakan hak asasi manusia serta distribusi yang adil mengenai sumber daya dan kesempatan.

Perspektif Hukum di Indonesia

Peran Hukum dalam Membangun Keadilan dan Keteraturan Sosial

Sistem hukum di Indonesia tidak dapat di pisahkan dari sejarah, budaya, nilai nilai yang terdapat dalam masyarakat. Hal ini tergolong unik, seperti yang anda tahu Indonesia memiliki latar belakang agama dan budaya yang beragam sehingga unsur unsur hukum adat, hukum agama, hukum positif di ramu sedemikian rupa hingga menjadi satu system hukum. Lebih lanjut yang menjadi sumber hukum utama di Indonesia yaitu Undang undang dasar 1945 serta menjadi landasan hirarki terteinggi dalam undang undang. 

Lebih lanjut lembaga lembaga seperti pembuat dan penegak hukum sangat penting di Indoensia, dalam hal ini  legislatif yaitu DPR dan DPD memliki tanggung jawab membuat undang undang, sedangkan eksekutif yang dipimpin oleh presiden memeiliki peran membuat peraturan pemerintah dan kebijakan untuk menegakkan undang undang itu sendiri.

Fungsi Hukum

Ada beberapa fungsi hukum dalam masyarakat antara lain sebagai, alat menyelesaikan konflik, alat pengendalian social, alat perlindungan individu, dan menjaga ketertiban masyarakat. Dalam penjabarannya hukum sebagai alat pengendali social merujuk pada hukum berperan mengatur keteraturan dan interaksi dalam masyarakat.

Hukum sebagai alat untuk menyelesaikan konflik merujuk pada hukum memiliki mekanisme yang adil dan tertruktur untuk menyelesaikan berbagai perselisihan yang terjadi dalam masyarakat. selain itu hukum juga menjadi alat perlindungan individu, dan menjaga ketertiban masyarakat karena hukum memiliki kerangka kerja yang jelas mengenai hak hak individu dan kelompok.

Bidang Hukum di Indonesia

Dalam Negara Indonesia, hukum terdiri dari beberapa bidang antara lain, hukum pidana yang menghukum berbagai tindak kejahatan, seperti pencurian, pembunuhan, narkotika dan lain lain. kemudian hukum perdata, yang berperan sangat penting untuk menyelesaikan konflik individu, terkait kepemilikan, kontrak dan tanggung jawab sipil. Selain ada hukum administrasi Negara dan tata Negara yang mengatur organisasi, kebijakan Negara, hak warga Negara dan system pemerintahan.

Selain itu ada juga hukum lingkungan yang berfokus mengatur sumber daya alam dan perlindungan akan lingkungan hidup, serta ada hukum keuangan dan perpajakan yang mengatur tentang keuangan Negara dan hal hal lain yang berkaitan dengan perpajakan.

Kesimpulan

Hukum berperan penting dalam menciptakan keteraturan dan keadilan dalam masyarakat Indonesia. Selain mengatur kehidupan masyarakat dengan berbagai aturan, hukum juga menjadi intrumen keadilan. oleh karena itu sebagai masyarakat Indonesai yang baik sudah sepatutnya anda taat akan hukum yang ada.