Telkomsel Telah Secara Resmi Meluncurkan Layanan eSIM, Apa Manfaatnya ?

Telkomsel, operator seluler utama di Indonesia, kini menyediakan eSIM untuk pengguna lokal. Namun, bagi orang awam akan muncul pertanyaan, apa itu eSIM serta manfaatnya.

Apa Itu eSIM ?

Teknologi eSIM adalah teknologi yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses jaringan Telkomsel (2G/4G/5G) tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik. Dengan fitur multi-SIM pada perangkat telekomunikasi, eSIM Telkomsel memberikan pengalaman digital yang seamless, mudah, dan praktis. 

Nugroho, Direktur Utama Telkomsel, menyatakan bahwa eSIM adalah bagian dari upaya Telkomsel untuk memberikan solusi inovatif kepada pelanggan yang dinamis dan menanggapi ketersediaan handset yang mendukung teknologi eSIM. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dan terluas di Indonesia.

Telkomsel Telah Secara Resmi Meluncurkan Layanan eSIM

Apa Manfaat eSIM ?

Telkomsel berkomitmen untuk terus berinovasi dengan semangat Indonesia, dengan tujuan memberdayakan masyarakat untuk menciptakan hari ini yang lebih baik dan masa depan yang cerah. Dengan menerapkan teknologi eSIM, Telkomsel bertujuan memberikan kemudahan lebih kepada pengguna dan menciptakan pengalaman digital yang terintegrasi, mudah, dan tanpa hambatan.

Seluruh proses pembelian dan registrasi eSIM Perdana Telkomsel dapat dilakukan secara online melalui tsel.id/esim. Pelanggan dapat memilih nomor yang tersedia dan paket eSIM yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Setelah pembelian berhasil, pelanggan akan menerima email yang berisi kode QR untuk aktivasi eSIM. Kode QR dapat dipindai dan disimpan sebagai gambar, atau pelanggan dapat menggunakan kode aktivasi manual atau melakukan aktivasi langsung melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan dapat melakukan registrasi melalui tautan yang mengarah ke halaman registrasi SIM dengan nomor yang sudah terisi sebelumnya. Dalam proses pendaftaran, pelanggan akan diminta untuk melakukan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (No. KK). Sesuai dengan regulasi Pemerintah, setiap KTP dan No. KK hanya dapat digunakan untuk maksimal 3 nomor eSIM.

Telkomsel menyediakan beberapa pilihan Paket eSIM yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Pelanggan dapat memilih eSIM Perdana dengan Paket Telkomsel Prabayar yang ditujukan untuk mengoptimalkan pemakaian pulsa dan kenyamanan konsumsi data dari Kuota Internet Nasional dan Lokal, sesuai dengan lokasi pembelian kartu perdana.

Dengan eSIM Perdana yang dilengkapi dengan Paket Halo+ (pascabayar), pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan. Ini termasuk Kuota Semua Jaringan untuk data, SMS, dan telepon, keuntungan saat roaming, kemudahan pembayaran tagihan melalui berbagai channel pembayaran, serta akses informasi dan pemakaian tagihan melalui aplikasi MyTelkomsel. Pelanggan Halo+ juga dapat menikmati kuota data yang lebih besar dan akses bebas ke sejumlah layanan premium OTT. Proses registrasi dan migrasi ke Halo+ juga semakin mudah melalui telkomsel.com atau GraPARI terdekat.

Dengan eSIM Perdana dan Paket RoaMAX (prabayar), pelanggan Telkomsel dapat tetap terhubung saat melakukan roaming internasional dengan kuota data roaming sebesar 10 GB yang berlaku selama 7 hari. Layanan ini dapat diaktifkan secara instan saat pelanggan bepergian ke lebih dari 85 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada. Pelanggan dapat mengisi ulang paket atau memilih paket lain melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi *266#. Pelanggan yang sudah memiliki eSIM sebelumnya juga dapat memilih Paket Internet Domestik dan Paket RoaMAX Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, situs web telkomsel.com, atau GraPARI terdekat.

eSIM Telkomsel memerlukan perangkat yang mendukung teknologi eSIM dan hanya dapat digunakan pada satu perangkat. Kode QR dari satu nomor yang sudah dipindai dan diinstal di satu perangkat tidak dapat digunakan kembali di perangkat lain. Jika pelanggan ingin menggunakan kode QR di perangkat lain, mereka harus menghapus eSIM dari perangkat pertama terlebih dahulu.