Pelayanan Prima dalam Manajemen Pelayanan Kesehatan, Kunci Sukses Manajemen Pelayanan Kesehatan di Era Modern

Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang konsep pelayanan, serta prinsip prinsip pelayanan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pelayanan prima dalam konteks manajemen pelayanan kesehatan, ciri ciri pelayanan prima, dan prinsip dasar pelayanan prima.

Pelayanan prima pada dasarnya merupakan pelayanan yang memberikan rasa puas kepada pelanggan. Pelanggan yang dimaksud dalam hal ini adalah orang yang menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan. 

Pelanggan dapat di klasifikasikan menjadi dua yaitu pelanggan internal dan eksternal. Pelanggan internal adalah pelanggan yang termasuk bagian dari institusi atau perusahaan yang menawarkan jasa atau produknya, seperti kariawan, amenejer, anggota organisasi, dan rekan kerja, sedangkan pelanggan eksternal adalah orang luar dari organisasi atau perusahaan yang menerima jasa atau produk yang kita tawarkan.

Apa Itu Pelayanan Prima ?

Pelayanan Prima dalam Manajemen Pelayanan Kesehatan, Kunci Sukses Manajemen Pelayanan Kesehatan di Era Modern
Pelayanan prima dapat di artikan sebagai pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan. Puas akan pelayanan yang di berikan merujuk pada bagaimana institusi atau perusahaan memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kemampuan maksimal yang dimiliki. Pelayanan prima dapat juga di artikan ketika kenyataan sesuai atau lebih dari harapan pelanggan. 

Hal yang melatar belakangi pelayanan prima harus selalu di berikan kepada pelanggan yaitu agar pelanggan setia kepada  institusi atau perusahaan, pelayanan yang di berikan dengan prima akan seperti infestasi, pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang di berikan akan memberikan informsi pada teman, saudara, mengenai perusahaan kita, tentu ini sangat positif bagi perkembangan institusi atau perusahaan yang kita miliki di masa depan.

Begitupun sebaliknya institusi atau perusahaan yang mengabaikan pelayanan prima siap siap untuk di tinggalkan oleh pelanggan. Ketatnya persaingan bisnis di era ini, sehingga menjadikan pelayanan sebagai salah satu kunci utama agar perusahaan dapat bertahan.

Ciri Ciri Pelayanan Yang Prima

Ada beberapa ciri pelayanan yang di berikan institusi atau perusahaan di katakan prima. yaitu antara lain: 

Ramah

Sikap ramah merujuk pada kemampuan petugas atau staf yang memberikan pelayanan bersikap positif, kesediaan untuk selalu membantu, serta memberikan kehangatan kepada pelanggan dalam setiap pelayanan yang di berikan.

Empati

Rasa empati merupakan kemampuan petugas atau staf menempatkan diri berada pada posisi pelanggan. dalam konteks pelayanan kesahatn rasa empati sangat dibutuhkan agar petugas kesehatan merasakan perasaan yang di alami oleh pasien.

Ketepatan Waktu 

Salah satu aspek yang tidak kalah penting dalam pelayanan prima adalah ketepatan waktu. Ketepatan waktu merujuk pada profesionalisme petugas atau staf dalam memberikan pelayanan. Dalam konteks pelayanan kesehatan ketepatan waktu berkaitan dengan ketepatan petugas atau staf administrasi, ketepatan waktu tunggu pasien, kecepatan dalam melakukan tindakan kesehatan, dan hal hal lain yang berkenaan dengan waktu pelayanan menjadi efektif dan efisien.

Responsif

Responsif berkaitan dengan bagaimana institusi atau perusahaan menindaklanjuti apa yang di inginkan oleh pelanggan. Sikap responsif akan memberikan perasaan pelanggan bahwa mereka sangat di hargai. ini sangat penting untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Memberikan Solusi

Memberikan solusi artinya kemampuan staf atau petugas dalam mengidentifikasi masalah yang di alami oleh pelanggan. hal ini erat kaitannya dengan proses membangun kembali kepercayaan pelanggan, setelah merasakan produk atau jasa yang kita berikan di keluhkan.

Prinsip Dasar Pelayanan Prima

Memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan merupakan sebuah keharusan, karena instanti atau perusahaan dua hal yang saling membutuhkan. Pelayanan Prima memiliki beberapa prinsip yang perlu diperhatikan antara lain: 

Menghargai diri sendiri, dengan menghargai diri sendiri petugas atau staf akan mampu menghargai perasaan pelanggan.

Perhatian, kemampuan memperlakukan pelanggan dengan baik, ketika memenuhi kebutuhannya.

Melampaui harapan, Memberikan kejutan kepada pelanggan dalam setiap pelayanan yang di berikan, tentu kejutan itu datang dari pelayanan yang luar biasa. 

Kesimpulan

Pelayanan prima dalam manajemen pelayanan kesehatan merupakan kunci untuk memberikan kepuasan pelanggan, baik internal maupun eksternal. Prinsip-prinsip seperti akuntabilitas, transparansi, kewajaran, kontrol aturan main, dan aturan main, serta ciri-ciri seperti keramahan, empati, ketepatan waktu, responsif, dan kemampuan memberikan solusi, menjadi dasar penting dalam memberikan pelayanan yang memuaskan. Penerapan pelayanan prima tidak hanya membangun loyalitas pelanggan tetapi juga menjadi investasi jangka panjang bagi keberlangsungan dan reputasi institusi atau perusahaan.