Memahami Trias Epidemiologi: Interaksi Agen, Host, dan Lingkungan dalam Penyebaran Penyakit

kita pernah membahas mengenai perkembangan dan  penerapan epidemologi dalam dunia kesehatan, dimana pada meteri itu kita telah mengetahui apa yang dimaksud epidemologi, tujuan epidemologi, manfaat epidemologi, serta peranan epidemologi dalam dunia kesehatan. 

Nah, saat ini kita masuk pada pokok bahasan epidemologi variabel, lebi rinci kita akan memahami tentang trias epidemologi dan interaksi trias epidemologi.

Dalam teori ilmu epidemologi ada  trias epidemologi atau sering juga dikenal dengan segitiga epidemologi. Dimana trias epidemologi merujuk pada tiga faktor utama yang menyebabkan masalah kesehata atau penyakit yaitu antara lain agen pembawa penyakit, host dan lingkungan.

Trias Epidemologi

Memahami Trias Epidemiologi: Interaksi Agen, Host, dan Lingkungan dalam Penyebaran Penyakit

Secara sederhana trias epidemologi merupakan sebuah konsep dasar dalam epidemologi yang menjabarkan tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya masalah kesehatan atau penyakit dalam suatu kelompok masyarakat.

Para ahli kesehatan menggunakan trias epidemologi untuk mengetahui pola kejadian penyakit, frekuensi, determinan dan distribui masalah kesehatan atau penyakit dalam suatu kelompok masyarakat.  

Adapun tiga faktor utama yang termasuk dalam trias epidemologi yaitu

  • Agen Penyebab Penyakit
Agen penyebab penyakit merujuk pada  mikroganisme, bahan kimia, faktor fisik dan faktor psikologis yang jika bersentuhan dengan host  secara terus menerus akan memicu munculnya penyakit. Lebih lanjut mikroganisme sebagai agen penyakit meliputi, virus, bakteri, dan parasit. Kemudian bahan kimia sebagai agen penyakit yaitu zat atau bahan kimia berbahaya termasuk pestisida, herbisida, dan logam berat.

Selanjutnya faktor fisik dalam beberapa kasus dapat berperan sebagai agen penyakit. faktor fisik yang termasuk sebagai agen pembawa penyakit seperti suhu ekstrim, radiasi, kelembapan, dan polusi udara. Selanjutnya faktor psikologis terkadang dapat menjadi agen penyakit seperti stres yang terus menerus dapat memicu penyakit penyakit degeneratif seperti jantung.

  • Inang atau Host
Inang atau host dalam trias epidemologi merujuk pada organisme atau mahluk hidup yang dapat menjadi tempat berkembangnya agen penyakit. Yang termasuk dalam kelompok inang atau host antara lain: manusia, hewan, tumbuhan dan vektor.

Manusia sebagai inang atau host berkaitan dengan tubuh manusia yang menjadi tempat berkembangnya berbagai agen seperti virus HIV dan Covid 19. kemudian hewan dapat menjadi bersemayamnya berbagai penyakit yang dapat menularkan kepada manusia seperti rabies, antraks dan lain lain. selanjutnya tumbuhan sebagai inang atau host merujuk pada mikroganisme yang dapat merusak tanaman yang di konsumsi manusia, sehingga akan berdampak pada ketahanan pangan dan akhirnya akan berimbas pada kesehatan manusia. yang terakhir vektor sebagai host atau inang merujuk pada organisme yang membawa agen penyakit dari satu host ke host yang lain seperti nyamuk, kutu, dan masih banyak lagi.
  • Lingkungan
Lingkungan sebagai trias epidemologi meliputi, faktor fisik, faktor biologis, faktor sosial dan faktor ekonomi. faktor fisik termasuk kondisi geografi, topografi, iklim polusi udara dan lain sebagainya, selanjutnya faktor biologis merujuk pada interaksi organisme hidup dan lingkungannya dalam artian lingkungan dapat menjadi tempat tinggal yang bagus bagi organisme pembawa penyakit. selanjutnya faktor sosial, hal ini berkaitan dengan akses kesehatan, jika manusia kesulitan mengakses kesehatan bisa dipastikan masalah kesehatan akan terus terjadi. dan yang terakhir adalah faktor ekonomi, berkenaan dengan kemampuan ekonomi serta lapangan pekerjaan dimana manusia membutuhkan materi untuk menghidupi keluarganya, jika ini terbatas maka masalah kurang gizi, kelaparan, stanting akan terus terjadi.

Interaksi Trias Epidemologi

Interaksi ketiga elemen dari penyebab utama masalah kesehatan secara sederhan dimulai dari agen penyebab penyakit seperti virus dan bakteri berkembang dengan baik dalam suatu lingkungan yang mendukung, dilanjutkan dengan inang atau host berinteraksi dengan lingkungan yang telah menjadi tempat berkembangnya agen maka inang atau host akan dengan mudah terpapar oleh agen penyebab penyakit. tentu tidak sesederhana itu karena banyak faktor atau variabel yang mempengaruhi ketiga elemen ini saling berinteraksi.

Kesimpulan

Interaksi trias atau segitiga epidemologi seperti lingkungan, agen penyebab penyakit dan inang atau host, dapat memicu masalah kesehatan dalam kelompok masyarakat. hal ini tentu di dukung oleh berbagai macam faktor seperti imun host, kualitas lingkungan, sosial ekonomi, dan lain sebagainya.

Tentu penyebab masalah kesehatan dalam masyarakat sangat kompleks perlu peranan pemerintah, masyarakat dan pihak terkait untuk mengatasi masalah tersebut.