Generasi Strawberry, Generasi yang Mudah Hancur

Mungkin selama ini Anda hanya tahu generasi baby boomer, generasi milenial, generasi Z, dan beberapa generasi lainnya. Tetapi, ada satu lagi generasi yang sepertinya Anda lupakan, yaitu generasi strawberry. 

"Generasi strawberry? Maksudnya generasi yang suka makan buah strawberry atau generasi apa?" 

Mungkin Anda penasaran sama makna dari generasi strawberry, biar Anda tidak penasaran lagi, Anda bisa simak pembahasannya di artikel ini. 

Anda bakalan dapetin jawaban dari pertanyaan di atas tadi melalui pembahasan di artikel kali ini ya, karena di pembahasan kali ini bakalan membahas tuntas mengenai karakteristik dari generasi tersebut! 

Lebih lanjut, simak di pembahasan selanjutnya ya. 

Bahas Tuntas Generasi Strawberry Biar Tidak Salah Paham! 

Jadi, istilah generasi strawberry ini berasal dari Taiwan yang mana artinya generasi muda yang mudah terpengaruh, kurang berani ketika mengalami berbagai macam tekanan dan tantangan, serta generasi yang mudah sensitif. 

Mungkin Anda bertanya, "kenapa harus buah strawberry yang dijadikan istilahnya?" 

Alasan mengapa buah strawberry yang dijadikan istilah generasi tersebut, yaitu dikarenakan buah strawberry dari luar kelihatan cantik dan bagus tetapi ketika digenggam sekuat mungkin bisa mudah hancur. 

Ya, walaupun begitu rata - rata generasi strawberry sangat kreatif dan bisa beradaptasi secara langsung dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat. 

Tetapi dibalik mereka yang penuh kreativitas dan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi, generasi strawberry ini mudah banget merasa sakit hatinya. 

Tidak hanya itu saja, generasi strawberry juga mudah banget menyerah saat menghadapi sebuah tantangan baru. 

Sebagai contohnya mungkin Anda pernah mendengar curhatan mahasiswa atau anak sekolahan yang mengeluh karena banyak sekali tugas yang mereka dapetin. 

Biasanya generasi strawberry ini dicap sebagai "anak manja" yang tidak memiliki mental yang kuat buat menjalani kehidupan yang penuh tantangan ini. 

Ada beberapa sisi negatif dan sisi positif yang berkaitan dengan generasi yang satu ini. Simak tiap sisinya di pembahasan berikut ini! 

1. Sisi Negatif Generasi Strawberry 

Mungkin beberapa hal di pembahasan sebelumnya seperti mudah merasa sakit hati, mudah tertekan, dan dicap sebagai "anak manja" merupakan sebagian dari sisi negatif dari generasi tersebut. 

Untuk mengulas lebih detail lagi mengenai sisi negatif dari generasi strawberry, berikut ini beberapa sisi negatifnya : 

a. Tidak Adanya Motivasi 

Punya impian yang sangat tinggi, ditambah lagi tidak adanya usaha untuk meraih impian tersebut dan impian yang kurang realistis, sangat menggambarkan generasi strawberry. 

Bisa dikatakan generasi yang satu ini memiliki 100 keinginan tetapi 0 usaha. Ya, mereka tidak mau capek untuk berusaha dan begitu saja lari dari suatu masalah jika mengalami kesulitan. 

Padahal disetiap impian tersebut, mereka bisa lho mewujudkannya sedikit demi sedikit. 

Mereka juga bisa menghadapi masalah yang mereka hadapi tanpa harus lari jika mengalami kesulitan menyelesaikan masalah tersebut. 

Perlu Anda tahu, kalau setiap satu masalah pasti ada seribu solusi yang bisa Anda dapetin sambil bersabar. 

b. Rendahnya Ketahanan Mental 

Para generasi strawberry ketika mengalami masalah atau kesulitan, tidak bisa menghadapinya, biasanya mereka langsung menyerah serta tidak adanya motivasi untuk menghadapi masalah ataupun kesulitan yang dialami. 

Tidak hanya ketika menghadapi masalah dan kesulitan saja, ketika diberi kritik dan saran biasanya mereka langsung mudah sakit hati serta sangat sensitif. 

c. Mudah Mengalami Stress 

Sebenarnya mengalami stress hal yang wajar dan sering terjadi sama banyak orang, tetapi berbeda dengan generasi strawberry ini. 

Mereka lebih mudah mengalami stress, selain itu mereka juga mudah merasa cemas yang sangat berlebihan. 

Maka dari itu, mungkin Anda pernah dengar istilah "healing" "refreshing", kan? Nah, istilah tersebut tercetus dari generasi tersebut! 

Maksud dari istilah healing dan refreshing ini yaitu para generasi strawberry yang sedang berusaha memulihkan kembali keadaan setelah mengalami beberapa hal yang mungkin tidak bisa mereka hadapi. 

d. Ketergantungan Teknologi 

Seperti yang Anda ketahui di pembahasan sebelumnya, kalau generasi ini lebih mudah beradaptasi dengan teknologi yang telah berkembang pesat. 

Nah, karena mudah adaptasi itulah yang menyebabkan mereka memiliki ketergantungan terhadap teknologi. 

Mereka lebih sering bermain sosial media dan menghabiskan sebagian waktunya untuk bermain sosial media daripada bermain dengan teman - teman seakrab nya. 

Hal tersebutlah yang menyebabkan mereka jadi jarang untuk berbicara dengan orang - orang di sekelilingnya. 

Ditambah lagi dengan berbagai macam konten negatif yang ada di sosial media, membuat mereka jadi lebih rentan "rapuh". 

2. Sisi Positif Generasi Strawberry 

Kalau tadi Anda sudah membaca beberapa sisi negatifnya generasi strawberry, maka kali ini Anda bisa mengambil sisi positif dari generasi tersebut. 

Berikut ini beberapa sisi positif dari generasi tersebut! 

a. Berjiwa Kreatif 

Seperti di pembahasans sebelumnya, generasi strawberry sangatlah kreatif, mereka mempunyai seribu gagasan kreatif dalam bidang - bidang tertentu. 

Mereka bisa menggunakan kreativitasnya untuk membuat sebuah inovasi terbaru yang bisa memberikan kontribusi untuk perubahan yang lebih maju lagi. 

b. Selalu Up To Date 

Karena mereka sangat mudah beradaptasi dengan teknologi, jadinya mereka selalu up to date dengan perkembangan dan berita - berita terkini. 

Kesimpulan 

Sebenarnya setiap generasi ada sisi positif dan sisi negatifnya, begitu juga dengan generasi strawberry ini. 

Mereka bisa saja lebih mudah stress, rendahnya ketahanan mental, dan lainnya. Tetapi mereka juga memiliki jiwa yang kreatif dan selalu up to date dengan perkembangan dan berita terkini. 

Jadi, buat Anda yang merupakan generasi di atas generasi strawberry bisa memaklumi hal tersebut ya, dan rangkullah mereka untuk bisa bekerja sama!