Program Kesehatan Masyarakat untuk Indonesia Sehat dan Indonesia Emas

Program kesehatan masyarakat (Prokesmas) merupakan bagian dari program pembangunan kesehatan naional (Prokesnas). Yang dimana Prokesmas ini berfokus pada upaya promotif dan preventif, artinya masyarakat harus menjaga kesehatannya sendiri dan mencegah penyakit.

Adapun contoh program kesehatan masyarakat seperti program kesehatan keluarga, pemeliharaan gizi masyarakat, promosi kesehatan dan berbagai program pemberdayaan kesehatan

Dilansir dari situs kemenkes, saat ini Indonesia sedang melakukan transformasi pelayanan kesehatan untuk mewujudkan Indonesia sehat dan Indonesia emas.  Setidaknya ada enam pilar transformasi kesehatan yaitu antara lain, transformasi layanan prima, transfomasi layanan sekunder, transfomasi sistem kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan. Maka diharapkan transformasi ini prokesmas akan mengambil peran penting untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Nah Pada artikel kalai ini kami akan membahas lebih dalam mengenai program kesesahatan masyarakat: dari ruang lingkup, dan pokok pokok programnya.  

Program Kesehatan Masyarakat

Program Kesehatan Masyarakat untuk Indonesia Sehat dan Indonesia Emas

Ruang Lingkup Prokesmas

Menurut Direktorat Jendral Bina Kesehatan masyarakat Prokesmas memiliki ruang linkup yang cukup luas, namun ada beberapa program yang menjadi fokus utama, seperti:

Kesehatan Keluarga: Dimana Posyandu menjadi motor penggeraknya, program seperti edukasi kesehatan keluarga, pembinaan keluarga, imunasasi dengan tujuan menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Kesehatan Komunitas: yang menjadi fokus utama yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai gaya hidup bersih dan sehat, dimana Puskesmas dan klinik kesehatan menjadi motor penggerak. selain itu deteksi dan menanggulangi masalah kesehatan sejak dini menjadi kunci dari program kesehatan komunitas

Kesehatan Jiwa Masyarakat: proram ini berfokus untuk memelihara kesehatan mental masyarakat. seperti progran konseling, dan layanan kesehatan mental, deteksi dini gangguan kesehatan mental masyarakat dengan proram skrining.

Gizi Masyarakat: berfokus pada edukasi gizi, entervensi gizi untuk mengatasi malnutrisi dengan tujuan menurunkan angka stunting.

Pokok-Pokok Program

Ada beberapa pokok pokok progaram dalam program kesehatan masyarakat yaitu antara lain:

Memperluas Akses Pelayanan Kesehatan Berkualitas: Program ini menyasar masyarakat miskin, daerah tertinggal, dan daerah bencana. dengan memperkuat peran puskesmas sehingga akses kesehatan, jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan dapat mereka dapatkan.

Meningkatkan Kapasitas dan Efisiensi: berfokus pada manajemen sumberdaya kesehatan dimana sistem pendanaan, pemanfaatan data dan meningkatkan kapasitas pengelola agar para petugas dapat menjalankan program kesehatan masyarakat  dengan maksimal.

Pemberdayaan Masyarakat untuk Kesehatan Optimal : Berfokus mengedukasi dan promosi kesehatan agar kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan meningkat

Pendekatan Spesifik Lokal: menganisis situasi, memastikan progarm tepat sasaran serta melibatkan semua elemen masyarakat untuk berpatisipasi aktif dalam program kesehatan masyarakat.

Dengan pokok pokok program ini di harapkan masyarakat mampu meningkatkan derajat kesehatannya untuk menuju Indonesia sehat dan Indonesia emas.

Kesimpulan

Prokesmas, dengan ruang lingkup, pokok-pokok program, dan pendekatan yang tepat, serta didukung transformasi kesehatan nasional, diharapkan dapat membawa Indonesia menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera, selaras dengan visi Indonesia Sehat dan Indonesia Emas.