9 Tips Untuk Perjalanan Mudik Lebaran Yang Dapat Anda ikuti

Bulan Ramadhan, adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia,  Bulan penuh berkah serta banyak ibadah yang memberikan pahala besar. Namun, sebentar lagi akan berakhir.

Bulan Ramadhan di Indonesia identik dengan tradisi mudik Lebaran. dimana tradisi ini dilakukan untuk pulang sejenak di kampung halaman berkumpul bersama sanak saudara menikmati momen lebaran yang berlangsung setahun sekali.

Nah, sebelum Anda melakukan perjalan mudik lebaran, sebainya untuk menyimak beberapa tips yang akan kami bagikan berikut ini, agar perjalanan Anda lancar.

Tips Mudik Lebaran 

10 Tips Untuk Perjalanan Mudik Lebaran Yang Dapat Anda ikuti

1.   Buat Daftar Barang Bawaan

Daftar barang bawaan sebaiknya di catat dengan baik sebelumnya, agar keperluan barang yang akan di bawah mudik jelas. Cara ini untuk menghindari barang yang terlupakan, sehingga perjalanan menjadi nyaman.

2.   Periksa Kondisi Kendaraan 

Jika Anda melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, alangkah baiknya untuk memeriksakan  kondisi kendaraan tersebut pada bengkel kesayangan Anda. Hal ini untuk memastikan kesiapan kendaraan untuk menempuh perjalan jauh.

3.   Persiapkan peralatan kendaraan

Berikutnya persiapkan peralatan kendaraan seperti kunci, ban serep, kunci roda, dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan kabel jumper. Peralatan peralatan tersebut akan membatu jika terjadi masalah pada kendaraan yang Anda gunakan pada saat mudik.

4.   Sertakan kotak P3K

Jika perjalanan mudik Anda berhari hari kotak P3K wajib disertakan. Penyakit yang sering muncul ketika perjalanan jauh seperti masuk angin, pegal pegal, dan pusing dapat diatasi. Kotak P3K berisi obat obatan seperti peredah nyeri, obat penurun panas, minyak angin, minyak telon, dan lain lain.

5.   Bawa barang hiburan.

Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi, barang hiburan penting untuk dibawa. Apalagi Anda membawa anak anak dalam perjalan. Barang hiburan seperti buku, ipad sangat membantu untuk mengusir rasa bosan ketika terjebak kemacetan.

6.   Gunakan peta khusus mudik

Peta khusus mudik akan sangat membantu untuk menentukan rute perjalanan. Selain itu, informasi keberadaan pom bensin, masjid, rumah makan, dan informasi penting lainnya biasanya ada dalam peta ini. Hal ini tentu sangat membantu dalam perjalan mudik Anda.

7.   Cari Informasi Posko Gratis

Posko gratis mudik menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, tempat istrahat, menangani kondisi darurat  kesehatan, dan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. Tentu, informasi keberadaan posko gratis mudik penting untuk di ketahui oleh para pemudik.

8.   Persiapkan Pulsa dan Baterai Cadangan

Pulsa dan baterai cadangan digunakan untuk menjaga komunikasi dengan keluarga di kampung. Karena mudik lebaran akan memakan waktu bila hanya sekedar beli pulsa dan cas hp. Selain itu, Anda harus terus update irformasi mudik melalui media sosial dan online. 

9.  Jaga Kondisi Tubuh 

Jauh sebelum Anda melakukan mudik lebaran, sebaiknya jaga kondisi tubuh dengan tidak begadang malam sebelum melakukan perjalanan, Hal ini agar memastikan tubuh Anda dalam kondisi bugar ketika mudik. selain itu, jika menggunakan mobil usahakan mengajak patner supir agar dapat saling bergantian.

Nah, itulah tips-tips yang semoga dapat membantu perjalanan mudik Lebaran Anda. Terimakasih sudah membaca.