Jangan Berlebihan Nonton Bola, Berikut Manfaat dan Dampak Negatifnya

Penggemar sepak bola tanah air sedang merasakan kebahagiaan, pasalnya timnas kebanggaan masyarakat Indonesia sedang tampil bagus bagusnya di pagelaran Asian cap U-23 yang di gelar tahun ini di Qatar. Hal itu di tunjukan dengan berhasil melaju ke semi final setelah menghancurkan negara kuat Korea Selatan dengan adu finalti, di semi final timnas muda akan berhadapan dengan negara kuat lainnya Uzbekistan. 

Terlepas dari itu, aktivitas nonton bola saat ini sudah menjadi rutinitas bagi pecinta bola, terlebih lagi dengan perkembangan teknologi akses pertandingan sepak bola mudah untuk di dapat, waktu dan jarak bukan lagi menjadi penghalang, anda dapat menyaksikan pertandingan klub atau negara kesayangan bertanding kapan dan dimana saja.

Perlu untuk di perhatikan aktivitas nonton bola yang berlebihan akan memberi dampak negatif maupun manfaat positif. oleh karena itu kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai manfaat dan dampak negatif nonton bola.

Manfaat Nonton Bola


Tidak dipungkiri nonton bola dapat mendatangkan kebahagian, tim kesayangan meraih kemenangan, pemain idola mencetak gol, klub favorit juara, adalah hal hal yang membahagiakan dalam menonton sepak bola. selain itu nonton sepak bola adalah bentuk hiburan dan relaksasi dari padatnya kativitas, meningkatkan keterampilan sosial, dan menambah pengetahuan tentang dunia olah raga.

Hiburan dan Relaksasi

Nonton sepak bola jadi hiburan tersendiri bagi penikmatnya. Selain hiburan, sepak bola dapat menjadi momen relaksasi tubuh dan jiwa yang sibuk dengan pekerjaan yang seolah tidak ada habisnya. 

Bagi penikmat sepak bola tenggelam dalam euforia pertandingan baik yang nonton depan layar TV atau hadir langsung di lapangan dapat menghilangkan beban dan masalah yang ada. sensasi seperti ini hanya dapat di jumpai ketika pertandingan bola berlangsung dengan atmosfer yang menegangkan, sehingga rasa senang dan tenang menjadi satu dalam satu suasana yang hangat, apa lagi nonton sepak bola bersama teman dan keluarga. 

Meningkatkan Keterampilan Sosial

Nonton sepak bola juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial. Kegiatan nonton bola bersama akan membuka diskusi menarik tentang sepak bola, baik secara langsung maupun online. Anda akan sering berinteraksi positif dengan teman teman penikmat bola akan membuka diri anda untuk mengungkapkan pendapat mengenai pertandingan, klub favorit, pemeain idola, maka hal ini secara tidak langsung akan melatih keterampilan sosial anda.

Menambah Pengetahuan Tentang Olah Raga

Selain sebagai hiburan, nonton bola juga bisa menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dalam bidang olah raga. Dengan sering menonton pertandingan pada liga terbaik dunia, akan memicu anda untuk mempelajari trategi dan taktik yang di gunakan oleh tim yang bertanding, selain itu bagaimana pegantian pemain atau taktik yang di ambil pelatih dapat merubah jalannya pertandingan menarik untuk di analisis.

Selain itu nonton bola juga dapat memicu kita untuk mengetahui informasi pemain, sejarah klub, profil manajer, serta momen momen bersejarah klub dan pemain. Hal ini tanpa disadari telah menambah pengetahuan anda mengenai olah raga cabang sepak bola pada khususnya.

Dampak Negatif Nonton Bola Berlebihan

Semua yang berlebihan tentu tidak baik, begitupun dengan menonton sepak bola. Ada beberapa dampak negatif nonoton sepak berlebihan yaitu seperti gangguan pola tidur, menurunkan produktifitas, dan yang paling ekstrim gangguan mental. 

Gangguan Pola Tidur

Gangguan pola tidur merupakan salah satu dampak negatif dari nonton bola secara berlebihan. biasanya para penggila sepak bola akan menunggu pertandingan klub favoritnya bertanding pada malam hari atau dini hari, ketegagangan dan eksitasi saat menyaksikan pertandingan akan mengakibatkan anda sulit tidur dengan lelap. 

Selain itu secara medis, menonton bola pada malam hari akan mennganggu ritme sirkadian seseorang. sering terpaparnya cahaya biru dari TV pada malam hari akan mengganggu tubuh untuk mengahsilkan hormon melotin, yang berperan penting dalam mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. 

Menurunkan Produktivitas

Selanjutnya dampak negatif dari nonton bola berlebihan akan mengganggu produktivitas seseorang. bagi anda yang bekerja sebagai kariawan swasta atau perusahaan tentu memiliki tugas tugas yang harus di selesaikan dari kantor, terlebih lagi bagi anda yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa tentu memiliki pekerjaan rumah yang harus segera di selesaikan, maka jika anda nonton bola secara berlebihan akan menyebabkan kurang fokus pada diri anda.

Lebih lanjut, dengan kurangnya tidur pada malam hari karena nonton bola akan berefek pada tubuh yang tidak bertenaga, akibatnya berefek pada kosentrasi yang menurun, dan kahirnya anda akan sulit melakukan aktivitas sehari hari.

Gangguan Mental

Dan dampak negatif dari nonton bola berlebihan yaitu gangguan mental yang serius. hal ini berkenaan dengan hasil pertandingan klub favorit yang tidak sesuai ekspetasi akan memberikan kecemasan dan tingkat stres yang serius atau bahkan depresi. 

Di perparah dengan fanatisme berlebihan dari pendukung tim, akan menyebabkan konflik dalam diri sendiri dan memicu seseorang melakukan isolasi sosial. hal ini akan memperburuk interaksi seseorang dengan lingkungannya.

Solusi Mengatasi Dampak Negatif Nonton Bola Berlebihan

Ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk meminimalsir dampak negatif dari nonton bola berlebihan antara lain, dengan menetapkan pertandingan mana saja yang akan anda tonton buat jadwal sederhana, jika pertandingan akan berlangsung pada dini hari di upayakan untuk tidur terlebih dahulu, agar aktivitas pekerjaan sehari hari dapat berlangsung seperti biasa.

Selain itu, libatkan diri anda dengan aktivitas lain selain sepak bola, tujuannya agar seimbang dan tidak terkesan berlebihan. ini dapat di mulai dengan bergabung dengan komunitas positif yang memiliki minat yang sama dengan anda diluar sepak bola.

Kesimpulan

Nonton bola dapat memberikan kebahagiaan dan pengetahuan, namun jika dilakukan dengan berlebihan akan merusak tidur malam anda dan produktivitas sehari hari. selain itu kesehatan mental juga akan terganggu akibat dari fanitime yang berlebihan. oleh karena itu penting untung menyeimbangkannya.