Konsep Pelayanan Yang Baik Dan Memuaskan Bagi Pelanggan

Dalam dunia bisnis baik yang bergerak di bidang barang mapun jasa, pelayanan adalah sesuatu yang sangat krusial, sebab pelayanan yang baik akan memicu pelanggan yang menerima barang ataupun jasa yang kita berikan merasa puas, hal ini akan sejalan dengan keberlangsungan bisnis Anda.

Secara sederhana pelayanan dapat kita definisikan sebagai segala bentuk usaha yang di lakukan oleh individu, kelompok untuk memenuhi kebutuhan atau membantu mengurus apa yang diperlukan orang lain.

Ada beberapa jenis pelayanan jika jika dimelihat dari segi sifat dan siapa yang menyediakan pelayanan tersebut, yaitu pelayanan publik dan pelayanan swasta. 

Pelayanan publik akan berorientasi pada masyarakat biasanya di sediakan oleh pemerintah, dengan tujuan melayani kebutuhan masyarakat. Sedangkan pelayanan swasta merupakan pelayanan yang di berikan oleh pihak swasta dengan tujuan memperoleh sebuah ke untungan. 

Pelayanan Yang Baik

Konsep Pelayanan Yang Baik Dan Memuaskan Bagi Pelanggan

Di Indonesia terutama pada pelayanan publik selalu terdapat kendala dan permasalahan tersendiri. hal ini dikarenakan banyaknya praktek-praktek korupsi yang berakibat pada menurunnya kualitas pelayanan dan aksesibilitas pelayanan itu sendiri. Selain itu, adanya jarak yang cukup jauh perbedaanya antara pelayanan di pedesaan dan perkotaan.

Pelayanan yang baik pada dasarnya adalah pelayanan yang mudah untuk di akses oleh semua orang tanpa adanya diskriminasi, pelayanan yang responsif dalam artian cepat tanggap atas kebutuhan, permintaan dan masalah yang di hadapi pelanggan. selain itu orientasinya adalah pelanggan, maka kepuasan pelanggan suatu hal yang utama.

Dalam dunia kesehatan kepuasan pasien merupakan suatu yang sangat penting, karena dengan puasnya pasien dalam memperoleh pelayanan kesehatan dapat disimpulkan, pelayanan yang di berikan tersebut baik. 

Pelayanan yang ramah dan menerima semua pelanggan tanpa memandang latar belakang serta rasa empati dan memahami kondisi yang dialami oleh pelanggan menandakan instansi yang memberikan pelayanan tersebut berkualitas.

Lebih lanjut hal hal seperti transparansi dalam memberikan informasi yang jujur terhadap pelanggan serta sikap profesional dalam memberikan pelayanan menambah nilai plus terhadap instansi atau perusahaan yang menawarkan pelayanan tersebut.

Kesimpulan

Penting bagi semua institusi untuk memahami bahwa kualitas pelayanan untuk di perhatikan, karena dengan pelayanan yang baik, instansi, perusahaan dapat memikat pelanggan atau kastemer. Bukan hanya kualitas produk dan jasa yang baik, tetapi pelayanan yang memegang prinsip-prinsip seperti tranparan, responsif, personalisasi, berempati pada pelanggan, berorientasi pada pelanggan adalah beberapa hal penting dalam pelayanan.