Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi yang Bisa Anda Pertimbangkan! - Timurkick.com

Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi yang Bisa Anda Pertimbangkan!

Buat Anda yang masih bingung mau memilih jurusan kuliah yang seperti apa, sepertinya Anda bisa memilih jurusan Ilmu Komunikasi! Ada banyak kelebihan jurusan Ilmu Komunikasi yang tentunya memiliki peluang karir yang luas. 

Masih banyak orang yang bingung dan skeptis mengenai jurusan yang satu ini. Mereka pastinya akan bertanya, apa saja yang akan dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi? 

Apakah hanya sekedar berkomunikasi saja atau ada pelajaran yang lainnya? Tentunya di jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya sekedar belajar bagaimana caranya berkomunikasi. 

Di jurusan tersebut juga mempelajari banyak hal yang masih berhubungan dengan jurnalistik, public relation atau hubungan masyarakat. 

Buat Anda yang masih bimbang untuk memilih jurusan ilmu komunikasi, bisa simak pembahasan artikel ini sampai habis yang akan membahas tuntas mengenai kelebihan jurusan ilmu komunikasi. 

Dengan beberapa kelebihan jurusan ilmu komunikasi ini bisa meyakinkan Anda untuk memilih jurusan tersebut! 

Lebih lanjut, simak di pembahasan artikel selanjutnya. 

Ragu Pilih Jurusan Ilmu Komunikasi? Simak Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi Ini! 

Dari sekian banyaknya jurusan, jurusan ilmu komunikasi merupakan jurusan yang cukup digandrungi banyak calon mahasiswa baru. 

Tetapi ada beberapa calon mahasiswa baru yang masih bingung dan tidak tahu mengenai jurusan ilmu komunikasi, sehingga mereka memilih jurusan yang lebih terkenal dan memiliki peluang karir yang pasti. 

Padahal di jurusan ilmu komunikasi, peluang karirnya juga lumayan luas lho! Hanya saja masih ada beberapa orang yang belum tahu apa saja karir yang bisa dilamar oleh lulusan  jurusan ilmu komunikasi. 

Selain peluang karir yang lumayan luas, jurusan ilmu komunikasi juga memiliki beberapa kelebihannya sendiri. 

Kelebihan jurusan ilmu komunikasi pastinya tidak kalah bagusnya dengan jurusan yang lainnya. 

Buat Anda yang ingin memilih jurusan ilmu komunikasi dan masih ragu untuk memilih jurusan tersebut, simak pembahasannya berikut ini! 

Kelebihan dari Jurusan Ilmu Komunikasi 

Setiap jurusan di perkuliahan tinggi negeri pastinya memiliki kelebihannya masing - masing, begitu juga dengan jurusan ilmu komunikasi. 

Jurusan ilmu komunikasi dulunya tidaklah seterkenal sekarang ini, dulu masih banyak orang yang bertanya - tanya mengenai jurusan tersebut belajar apa saja dan karir seperti apa yang bisa didapatkan dari lulusan jurusan tersebut. 

Tetapi sekarang ini sudah lumayan banyak calon mahasiswa baru yang mulai melirik jurusan ilmu komunikasi menjadi pilihan mereka. 

Pastinya mereka melihat ada kelebihan dari jurusan ilmu komunikasi, sehingga membuat mereka jadi tertarik untuk memilih jurusan tersebut. 

Berikut ini ada beberapa kelebihan dari jurusan ilmu komunikasi yang bisa dijadikan pertimbangan buat Anda yang masih ragu sama jurusan tersebut! 

a. Selalu Mengikuti Perkembangan Jaman 

Belajar ilmu komunikasi tidak hanya sekedar berkomunikasi saja, di jurusan ini Anda akan belajar bagaimana menjadi seorang komunikator yang baik. 

Komunikator baik maksudnya yaitu Anda harus bisa menyampaikan sebuah pesan agar bisa dimengerti oleh pendengarnya tanpa adanya miskomunikasi satu sama lain. 

Maka dari itu, kalau Anda masuk jurusan ilmu komunikasi, Anda harus selalu mengikuti perkembangan jaman agar tidak ketinggalan jaman! 

b. Mempelajari Banyak Hal 

Di jurusan ilmu komunikasi tidak hanya sekedar  berkomunikasi saja, tetapi Anda juga mempelajari bidang fotografi, videografi, serta mendesain. 

Mungkin Anda bertanya - tanya, emangnya hubungan antara pelajaran tersebut dengan jurusan ilmu komunikasi itu  apa? 

Jadi, di jurusan ilmu komunikasi ada mata kuliah bidang periklanan yang mana mengharuskan mahasiswanya bisa membuat konten iklan yang akan di upload ke Facebook, Instagram, TikTok atau YouTube. 

Maka dari itu, dengan mempelajari bidang fotografi, videografi serta desain sangat berhubungan untuk membuat konten periklanan bagi mahasiswa yang sedang mempelajari periklanan. 

c. Jadi Jago Public Speaking 

Seperti nama jurusannya yaitu ilmu komunikasi, yang mana mengharuskan mahasiswanya harus bisa pandai dan berani berbicara di depan banyak orang. 

Jika Anda masuk ke jurusan ilmu komunikasi pastinya nanti akan ada mata kuliah yang mengajarimu bagaimana caranya berbicara di depan banyak orang atau belajar public speaking. 

Ketika belajar public speaking nantinya Anda juga akan mempelajari bagaimana caranya membuat kata - kata sambutan dan penutup yang bagus, belajar tone nada saat berbicara, sampai gestur badan juga akan dipelajari lho! 

Pokoknya jurusan ilmu komunikasi ini cocok banget buat Anda yang extrovert dan berkeinginan berkarir menjadi MC, public relations atau humas, dan lainnya. 

Tetapi buat Anda yang introvert tenang saja ya, karena di jurusan ilmu komunikasi ini bakalan ajarin Anda dari awal bagaimana caranya bisa lebih percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang. 

d. Peluang Karir yang Sangat Luas 

Kata siapa kalau jurusan ilmu komunikasi hanya bisa berkarir di bidang MC, public relation atau humas saja? 

Faktanya alumni jurusan ilmu komunikasi bisa bekerja dimana saja lho! Anda bisa menjadi event planner, yang mana jobdesknya menyusun acara agar lebih menarik dan disiplin. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menjadi social media strategist yang bertugas menyusun konten produk atau layanan dari perusahaan yang akan di upload ke sosial media. 

Selain bekerja di kantoran, Anda juga bisa membuka usaha sendiri lho! Anda bisa buka jasa wedding organizer atau event organizer. 

Sebenarnya banyak lagi lho pekerjaan yang bisa dilamar oleh lulusan ilmu komunikasi, Anda hanya tinggal mempelajari mata kuliahnya sambil mengasah skill di luar akademik!

Kesimpulan 

Itulah tadi beberapa kelebihan jurusan ilmu komunikasi yang perlu Anda ketahui, sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dari jurusan tersebut. 

Buat Anda yang khawatir mengenai peluang kerjanya, tenang saja ya karena peluang karir jurusan ilmu komunikasi ini sangatlah luas, malah Anda bisa memilih mau bekerja di kantoran atau lebih memilih buka usaha sendiri. 

Jadi, jangan khawatir dan jangan ragu lagi untuk memilih jurusan ilmu komunikasi ya!